Tuesday, March 9, 2010

Perbedaan pertama Bos atau Leader

« Seri Leadership : Perbedaan pertama Bos atau Leader »
From:Isa Alamsyah
To:Members of Bisa!3
When:27 February at 11:12

Message:Seri Leadership :Perbedaan pertama Bos atau Leader oleh Isa Alamsyah

Kalau sebelumnya sudah dibahas bedanya pemimpin atau pimpinan,maka kita masuk perbedaan pertama bos atau leader

PERBEDAAN 1 PREDIKAT BOS BISA DIDAPAT SECARA PASIF
Menjadi Bos atau atasan bisa didapat tanpa kerja kerasTanpa kerja keras seorang putra mahkota akan menjadi raja, tanpa kerja keras seorang anak pemilik perusahaan bisa diangkat menjadi direktur.

Ini menunjukkan, bagi beberapa orang, mudah sekali menjadi bos, atasan atau pimpinan.Tetapi perlu diingat, kedudukan ini tidak serta merta membuat mereka menjadi seorang "leader" atau "pemimpin".

Untuk mendapat pengakuan dan penghormatan sebagai pemimpin mereka harus membuktikan."Yang paling berbahaya dalam mitos kepemimpinan adalah kepercayaan bahwa pemimpin itu dilahirkan, bahwa kepemimpinan adalah faktor keturunan.

Mitos seperti ini membuat orang melihat adanya kharisma tertentu atau tidak.Ini omong kosong.
Kenyataannya, yang benar adalah, pemimpin itu dibentuk bukan dilahirkan."Warren G. BennisPelopor Studi Kepemimpinan dari Amerika, konsultan, dan penulis.

PERBEDAAN 2 PREDIKAT LEADER HARUS DIRAIH SECARA AKTIF
Leader diraih atau didapat dari kerja keras dan pembuktian Untuk menjadi seorang leader (pemimpin) kita harus bekerja keras dan membuktikan bahwa kita layak jadi pemimpin.

Orang bisa saja jadi atasan kita, orang bisa saja menjadi bos kita, seorang pangeran bisa saja menjadi raja, akan tetapi itu tidak langsung membuat mereka menjadi leader (pemimpin)."Pemimpin adalah hasil tempaan, bukan dilahirkan.Mereka menjadi pemimpin dengan kerja dan usaha keras, dan kerja keraslah harga yang harus dibayar untuk mencapai tujuan apapun."Vince Lombardi(Pelatih top American Football, 1913-1970)

Tambahan :Kadang kadang kita sering mendengar istilah adalah kepala rumah tangga kepada para pria yang sudah menikah. Itu termasuk kepercayaan yang bentuknya diraih tanpa berusaha.Setiap pria, di negara paternalistik, langsung menjabat predikat kepala rumah tangga.Tapi untuk menjadi the real leader di rumah tangga, harus berjuang dan bekerja keras.Kita bisa menjadi kakak, paman, orang tua, tanpa harus kerja keras untuk mendapat predikat tersebut. Semua predikat tersebut langsung kita emban karena peristiwa natural lain. Tapi untuk jadi panutan, contoh, atau pemimpin, itu butuh pembuktian.Anak bos bisa mewarisi perusahaan, tapi yang terpenting bisakah ia menjalankan perusahaannya.Anda bisa langsung jadi senior, setelah adik kelas masuk, tapi apakah bisa jadi panutan itu adalah pilihan.Jadi jangan terjebak dengan status kepala keluarga, senior, kakak, kakak kelas, ayah, ibu, dsb, karena semua predikat tersebut kita dapatkan tanpa susah payah. Sesuatu yang kita dapatkan secara natural.Tapi menjadi panutan, contoh, kebanggaan, itu adalah pilihan.Sudahkan kita berperilaku sesuai dengan predikat yang kita emban?

No comments:

Post a Comment